Minggu, 29 Maret 2015

Analisis Tokopedia.com pada Revenue Model dan Transaksi

Sobat blogger kali ini saya akan mensharekan tugas mata kuliah Internet & E-Commerce tentang Analisa Tokopedia.com terhadap Revenue Model dan Transaksi.
Ok daripada lama - lama langsung ke TKP aja Sob.

Nah pertama-tama disini saya akan menjelaskan tentang Revenue Selling On The Web atau pendapatan yang berasal dari penjualan di web, yang termasuk model-modelnya adalah
  • Web Catalog
  • Adverstising Supported
  • Advertising-Subscription mixed
  • Fee Based
Nah yang kedua saya akan menganalisa apakah Tokopedia.com masuk kedalam kategori Revenue Selling On The Web, berikut penjelasannya.





Tokopedia adalah perusahaan rintisan (start up) jual beli daring yang berpusat di Jakarta dalam situs yang terdaftar dengan nama tokopedia.com. Perusahaan ini didirikan pada Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, sementara situsnya sendiri diluncurkan untuk publik pada 17 Agustus 2009. 



Analisa saya di situs web ini sangat menguatkan kepada dua model revenue yaitu Web Catalog dan Fee Based.

WEB CATALOG
Pada Tokopedia.com terdapat katalog produk yang beraneka ragam untuk di pilih customer.
Web Catalaog merupakan kegiatan transaksi jual beli yang di lakukan menggunakan media internet.
  • Disini terdapat katalog berbasis web, dan bila kita berlangganan ada katalog berbasis mail yang dikirim langsung ke email kita.
  • Perusahaan akan mencetak katalog dan mengirimkan ke pembeli, dan pembeli dapat melakukan order melalui mail atau menggunakan telepon toll-free (bebas pulsa) atau juga pembeli dapat melakukan order melalui websites atau melalui telepon.
  • Pada model katalog berbasis web di Tokopedia.com, katalog dan informasi produk di distribusi di website dan di email.  
FEE BASED
Jelas terlihat adanya pendapatan yang didapatkan dalam sistem revenue model fee based karena terdapat pembayaran atas pembelian dari konsumen. Bila ada transaksi maka penyedia bank atau lembaga penitipan uang yang modern akan mendapatkan juga hasilnya. Tidak hanya perusahaan terkait tapi semua yang termasuk dalam transaksi seperti provider internet, dan yang lain mendapatkan keuntungan dalam revenue ini.

Nah untuk sisanya yaitu Revenue Model Adverstising Supported dan Advertising and Subcription Mixed saya kira masih termasuk kedalam sistem yang dipakai Tokopedia.com namun kurang begitu kuat.
Karena penjual pun kebanyakan yang datang dari orang yang sudah mempunyai kerja-sama khusus dengan Tokopedia.com jadi periklanan dilakukan pada sistem Tokopedia langsung.

Sekian dulu dari saya mohon maaf atas kekurangannya.
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Follow Me

twitter facebook google plus linkedin rss feed email

Daily Animation

animasi bergerak gif

Visitor